Ternyata Air ASI Bening Bukanlah Air ASI Yang Buruk, Berikut Penjelasannya

ASI Bening

Secara umum ASI (air susu ibu) adalah berwarna putih dan kental, namun ternyata ASI juga dapat keluar dengan warna-warna lain seperti; bening, kuning dan kebiruan. Banyak yang bertanya apakah warna ASI yang tidak putih tersebut berbahaya.

Salah satu yang sering muncul adalah air ASI bening, dan ternyata air ASI bening bukanlah air ASI yang berbahaya atau bukan air ASI yang kualitasnya buruk. Sebenarnya, ASI dibedakan menjadi dua macam yaitu; ASI awal, merupakan ASI yang pertama keluar saat melahirkan disebut dengan foremilk, yang biasanya berwarna bening dan encer.

ASI foremilk atau ASI yang keluar pertama ini mengandung laktosa yang berguna untuk perkembangan otak bayi, membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi, memperkuat jaringan tulang, serta dapat membantu dalam proses pembentukan saraf.

Setelah ASI awal ini keluar, maka akan diganti dengan ASI handmilk atau ASI yang terakhir keluar, biasanya warna ASI ini berwarna putih dengan tekstur yang kental. Kandungan dalam ASI handmilk memiliki kandungan jumlah lemak yang banyak, yang berfungsi sebagai penunjang pertumbuhan bayi, serta sebagai cadang makanan bagi bayi untuk menghilangkan rasa lapar.

Baca juga :

Pada dasarnya, kedua jenis ASI tersebut sangat penting bagi pertumbuhan bayi, oleh karena itu pemberian ASI foremik dan ASI handmilk harus seimbang. Warna lain pada ASI seperti hijau, hitam, merah, orange, dan coklat bisanya disebabkan beberapa hal, yaitu:

  1. Jika ASI berwarna hitam, biasanya disebabkan karena adanya antibiotik minocycline. Minocin atau minocycline merupakan antibiotik yang digunakan sebagai obat demam, seta mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan jerawat. Konsumsi obat jenis inilah yang akan memicu warna ASI hitam, karena zat ini mengandung bahan kimia yang dapat mempengaruhi warna ASI
  2. Jika ASI berwarna hijau, biasanya karena ibu menyusui mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna hijau, seperti sayuran hijau (bayam, brokoli, daun kacang), atau juga disebabkan mengkonsusmsi suplemen yang dapat mempengaruhi warna Asi menjadi berwarna hijau. Namun jika ASI berwarna hijau karena disebabkan makanan yang alami, tentunya perubahan warna ini tidaklah berbahaya, untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi jumlah pengkonsumsian makanan tersebut.
  3. Jika ASI berwarna merah, orange dan coklat, biasanya disebabkan karena ibu yang menyusui mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pewarna tersebut, minuman seperti soda jeruk, atau minuman yang berasal dari buah merah atau orange juga dapat mempengaruhi warna ASI.

Penyebab lain dari ASI berwarna merah juga dikarenakan adanya darah yang ikut keluar bersama ASI, penyebab hal ini adalah gejala rusty pipe syndrome atau air ASI berwarna keruh.

Namun anda tak perlu khawatir, karena darah yang ikut keluar bersama ASI akan hilang sendiri dalam beberapa hari, dengan begitu anda dapat menyusui bayinya kembali.

Perubahan warna ASI pada umumnya adalah disebabkan karena zat yang berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Jadi jika air ASI bening atau berwarna lainnya, tidaklah berbahaya. Karena semua ASI memiliki manfaat bagi tumbuh kembang bayi.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk