Tak Hanya Factor Fisik, Kecemasan Ibu Juga Menjadi Penyebab ASI Tidak Lancar

Menyusui adalah upaya ibu untuk memberi asupan nutrisi pada anaknya. Tapi, tidak semua ibu bisa lancar memberikan ASI untuk anaknya. Penyebab ASI tidak lancar tergantung pada kondisi ibu dan bagaimana ia menghadapi.

Pemicu tidak keluarnya ASI adalah dilihat dari faktor fisik dan juga psikologis. Apabila salah satu dari kedua faktor itu terganggu, maka produksi ASI ibu menyusui juga akan terhambat, hal ini menjadi penyebab ASI tidak lancar.

Faktor fisik yang begitu berpengaruh terhadap produksi ASI adalah:

  • Ibu tidak mendapat Asupan gizi dengan baik. Seperti, kurangnya ibu mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.
  • Faktor kesehatan dan waktu istirahat yang kurang juga akan menghambat produksi ASI.
  • Seorang ibu yang mengalami anemia atau darah rendah memiliki risiko tinggi mengalami tersumbatnya air susu ibu.
  • Ibu yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat penurun berat badan dan pengatur nafsu makan dalam dosis tinggi, akan menjadi penyebab ASI tidak lancar. Maka sebelum Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.
  • Konsumsi alcohol dan kafein yang berlebihan.
  • Ibu menyusui yang merokok lebih dari 20 batang sehari tentu mengalami penurunan produksi ASI.

Selain factor fisik, penyebab ASI tidak lancar juga karena adanya factor psikologis. Yakni kondisi Baby Blues yang di alami ibu menyusui. Baby Blues ialah kondisi perubahan psikologis ibu setelah melahirkan yang menyebabkan dirinya merasa cemas, sedih, dan mudah marah. Kondisi baby blues atau stress usai melahirkan akan berdampak pada produksi air susu ibu (ASI) yang tidak lancar.

Ada beberapa tingkatan baby blues, tingkat yang paling parah adalah depresi. Kalau seorang ibu sampai berada pada titik itu, maka dia tak bisa menyusui. Tetapi kalau tingkatan baby blues belum sampai depresi, maka mereka bisa di motivasi dan diberi support dari lingkungannya, sehingga tetap bisa menyusui.

Bukan cuma baby blues yang menjadi penyebab ASI tidak lancar, tetapi juga sebaliknya. Maksudnya, saat ibu tidak dapat mengeluarkan ASI, ia berisiko mengalami baby blues, karena ia akan merasa cemas dan sedih apabila ASI tidak keluar.

Beberapa ibu yang menyusui memang lebih mudah depresi, akan tetapi tidak semuanya akan menjadi baby blues. Hal ini bisa jadi karena sejak awal si ibu memang punya psikologi yang mudah stress.

Oleh karena itu agar ibu dapat menyusui secara nyaman, sejak awal kehamilan para ibu dianjurkan untuk memperkaya pengetahuannya. Pengetahuan mengenai kehamilan, kelahiran bayi, pemberian ASI, termasuk juga penyebab ASI tidak lancar.

Begitu beragam penyebab ASI tidak lancar, bukan? Maka jangan anggap remeh makanan yang Anda konsumsi saat masa kehamilan, karena hal itu sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Kecemasan yang di alami saat masa menyusui juga menjadi factor penghambat produksi ASI.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk