Penyebab ASI Keluar Padahal Tidak Hamil

ASI keluar padahal tidak hamil

ASI biasanya keluar setelah ibu melahirkan atau pada saat jangka ibu menyusui. Namun bagaimana jika ASI keluar padahal tidak hamil. kasus ini biasanya terjadi pada wanita usia subur atau usia 16 sampai 40 tahun. Secara alaminya produksi ASI adalah pada saat kehamilan untuk mempersiapkan ASI untuk makanan bayinya dan akan keluar pada saat setelah melahirkan.

Penyebab dari ASI keluar padahal tidak hamil, yaitu karena beberapa hal:

  1. Hormon yang tidak simbang

Pada siklus reproduksi wanita, biasanya hormon estrogen dan progesteron akan mengalami siklus perubahan. Hormon seperti prolaktin berfungsi untuk merangsang peningkatan jumlah ASI, akan merangsang fisik untuk memproduksi ASI padahal tidak hamil, hal ini karena kinerja hormon-hormon tersebut tidak seimbang.

  1. Gejala Galaktoera

ASI keluar padahal tidak hamil disebut dengan galaktoera, ini biasanya terjadi pada salah satu atau kedua payudara wanita. ASI yang keluar pada kasus ini biasanya berwarna kekuningan atau kehijauan. Galaktoera disebabkan karena beberapa hal, yaitu; rangsangan yang terjadi pada payudara mirip seperti rangsangan saat menyusui, hal ini terjadi karena peremasan pada puting, gairah seksual dan gesekan terhadap pakaian yang ketat.

Jika telah mengalami galaktoera maka akan menyebabkan luka, herpes zoster, pembedahan pada dada dan stres emosional. Hal-hal ini lah yang memicu timbulnya galaktoera atau ASI keluar padahal tidak hamil.

Baca juga:

  1. Konsumsi obat-obatan

Obat-obatan seperti pil KB, psikotropika, antihipertensi (atenolol, verpamil, methyldopa, resprine), metoclopramide, H2 blocker (tegament, cimetidine) dan obat-obatan yang berbahaya, dapat meyebabkan efek samping berupa ASI keluar padahal tidak hamil

  1. Penyakit tumor hipofisis

Penyebab utama yang biasanya terjadi pada wanita jika ASI keluar padahal tidak hamil adalah tumor hipofisis. Prolaktinima atau tumor jinak merupakan jenis tumor hipofisis yang sering menjadi penyebab kasus ini. Penyebab munculnya tumor ini adalah kelainan hormonal, dengan ditandai meningkatnya produksi hormon prolaktin karena gagal ginjal kronis.

  1. Keguguran

Keguguran juga bisa menjadi penyebab ASI keluar padahal tidak hamil, karena pada saat kehamilan terjadi sebelum mengalami keguguran, kemungkinan hormon prolaktin atau hormon perangsang ASI telah mengalami perubahan, sehingga produksi ASI dapat terjadi

Jika anda mengalami kasus ASI keluar padahal tidak hamil adalah dengan menjalankan pola hidup yang sehat, dengan menjauhi obat-obatan kimia pemicu timbulnya galaktoera atau dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi baik serta olahraga yang teratur.

Jika kasus ini telah terjadi, maka hal yang harus anda lakukan yaitu; jangan merangsang atau memeras payudara, dan jangan memakai pakaian yang ketat. Apabila hal-hal tersebut telah anda lakukan namun ASI tetap keluar maka hal yang harus anda lakukan adalah konsultasi kepada dokter.

Karena kemungkinan penyebab dari ASI keluar padahal tidak hamil karena sebab lain, dan biasanya dokter yang ahli akan mengetahui penyebab hal ini serta dapat memberikan pengobatan yang benar.

Jika ASI keluar padahal tidak hamil dengan disertai cairan nanah, darah atau cairan yang lengket lainnya, maka anda harus segera memeriksa pada dokter, hal ini dikhawatirkan akan muncul penyakit penyerang payudara.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk