Manfaat Menyusui Atau Memberi ASI Mengalahkan Manfaat Susu Buatan, Ini Buktinya

Anda semua pasti sudah tau bahwa pemberian ASI dari seorang ibu untuk anaknya sangatlah penting. Namun apa Anda tahu apa manfaat menyusui atau memberi ASI? ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi yang baru lahir. System kekebalan tubuh bayi akan terjaga dengan baik apabila bayi mendapat asupan ASI dalam jumlah yang cukup.

Dibalik manfaat ASI yang luar biasa untuk si kecil, menyusui juga memberikan banyak manfaat untuk sang ibu. Tetapi sebagian ibu masih ada yang tidak mau menyusui anaknya, karena mereka berfikir dengan menyusui maka akan mengubah penampilan organ tertentu menjadi kendur.

Mungkin mereka belum mengetahui mengenai manfaat menyusui atau memberi ASI. Nah agar Anda tahu betapa pentingnya dan betapa dahsyatnya manfaat pemberian ASI, inilah ulasannya:

  1. Mengurangi kejadian karies dentis

Karies dentis adalah suatu penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Insidensi karies dentis pada bayi yang mengkonsumsi susu formula jauh lebih tinggi dibanding dengan bayi yang mengkonsumsi ASI. Kebiasaan menyusu menggunakan dot akan menyebabkan gigi lebih lama kontak dengan susu formula, hal ini membuat gigi menjadi lebih asam.

  1. Efek psikologis yang menguntungkan bagi ibu dan bayi

Pada saat bayi kontak kulit dengan ibunya, maka akan timbul rasa aman dan nyaman bagi bayi. Perasaan ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya dan yakin untuk bayi bahwa ia dicintai ibunya.

  1. Mencegah kanker payudara

Perempuan yang menyusui mengalami penurunan risiko terkena kanker payudara hingga 25%. Penurunan risiko tersebut terjadi seiring meningkatnya durasi saat menyusui.

  1. Meredakan stress dan kecemasan

Manfaat menyusui atau memberi ASI tidak hanya menjaga kesehatan fisik ibu, namun juga kestabilan emosionalnya. Ketika sang ibu merasa stress atau cemas, hal itu dapat teratasi seiring meningkatnya durasi menyusui.

  1. Sebagai kontrasepsi alami

Menyusui dapat menunda ovulasi. Jadi selama menyusui, Anda tidak harus selalu menggunakan alat kontrasepsi seperti pil, suntik, dsb.

  1. Mengurangi risiko kanker Rahim

Penurunan hormone esterogen saat ibu menyusui mampu mencegah terjadinya serangan kanker Rahim. Sebaliknya, hormone esterogen yang terlalu tinggi bisa meningkatkan serangan kanker Rahim. Itulah manfaat menyusui atau memberi ASI.

  1. Menurunkan berat badan ibu

Tahukah Anda mengapa menyusui mampu menurunkan berat badan? Karena sebagian besar makanan yang di konsumsi ibu tidak menjadi daging, melainkan di produksi sebagai ASI. Jadi, manfaat menyusui atau memberi ASI adalah mampu mencegah terjadinya kegemukan bagi seorang ibu.

 Dengan mengetahui 7 manfaat menyusui atau memberi ASI bagi tubuh sang ibu, apakah Anda masih tidak ingin memberikan ASI kepada bayi Anda? Sebaiknya jangan pernah takut dan ragu untuk memberikan ASI kepada bayi Anda, karena selain tubuh bayi lebih sehat, kondisi kesehatan tubuh Anda pun akan terjaga dengan baik.

Sehatkan tubuh Anda dengan menyusui buah hati sejak lahir, dan pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi agar menghasilkan ASI berkualitas.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk