Lakukan Teknik Memijat Untuk Melancarkan ASI Anda Berikut Ini

Setelah bayi Anda lahir, tugas utama Anda adalah menyusuinya. Namun, ada beberapa ibu mengalami hambatan dalam produksi ASI. Hal ini bisa disebabkan oleh asupan makan, stress, kurang istirahat, dan beberapa factor yang lain. Untungnya ada banyak cara pula untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah teknik memijat untuk melancarkan ASI.

Memijat payudara dapat membantu peredaran darah dan ASI pada ibu menyusui. Saat dipijat, saluran ASI menjadi lebih lancar, ini karena kelenjar susu yang tersumbat perlahan akan terurai. Apabila produksi ASI lancar, payudara akan menghasilkan ASI lebih banyak lagi.

Bagi Anda yang memiliki tugas menyusui dan bermasalah dengan produksi ASI, bisa mencoba teknik memijat untuk melancarkan ASI dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Siapkan terlebih dahulu baby oil atau minyak zaitun untuk memijat.

Sambil berdiri di depan cermin, angkat satu sisi payudara Anda dengan tangan kiri dan tahan bagian atas payudara dengan tangan kanan.

Dengan baby oil atau minyak zaitun secukupnya, gerakkan kedua tangan Anda maju mundur dengan lembut. Jika tangan kanan ke arah kiri, maka tangan kiri bergerak ke kanan, dan sebaliknya.  Lakukan minimal 30 kali untuk setiap payudara.

Posisikan kedua telapak tangan Anda di sisi salah satu payudara. Gerakkan kedua tangan Anda naik dan turun dengan lembut, jika tangan kanan ke atas, maka tangan kiri ke bawah, begitu pula sebaliknya. Ulangi gerakan ini hingga minimal 30 kali dan ganti ke sisi payudara yang lain.

Ambil baby oil atau minyak zaitun secukupnya. Angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri Anda. Buat gerakan melingkar dengan tiga atau empat jari tangan kanan Anda di atas puting susu sebanyak 30 kali.

Masih dengan posisi yang sama, buatlah gerakan melingkar pada sekitar puting susu sebanyak 30 kali.

Urut payudara secara perlahan dari bagian luar, yaitu di bawah ketiak dan belahan dada menggunakan jari-jari kedua tangan Anda menuju ke puting susu. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali kemudian ganti ke sisi payudara yang lain.

Gunakan ujung ibu jari dan telunjuk Anda untuk memuntir pelan-pelan puting susu pada masing-masing payudara.

Bersihkan payudara Anda dari sisa-sisa baby oil atau minyak zaitun, dan Anda bisa langsung memompa ASI atau menyusui buah hati tercinta.

Selain bisa melancarkan air susu ibu, teknik memijat untuk melancarkan ASI di atas juga ampuh untuk mencegah dan mengobati pembengkakan yang biasa terjadi pada masa menyusui.

Memijat payudara juga akan membuat Anda merasa lebih rileks dan nyaman. Dengan begitu, pikiran menjadi lebih tenang dan Anda bisa beristirahat dengan cukup. Anda pun akan terhindar dari masalah ASI tersumbat karena stres atau kurang tidur. Oleh karena itu jangan ragu untuk mencoba teknik memijat untuk melancarkan ASI ini.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk