Keutamaan ASI : Tak Hanya Bermanfaat Untuk Bayi Namun Juga Untuk Sang Ibu

Hal yang di idam-idamkan semua ibu adalah melahirkan seorang anak dan merawatnya dengan sepenuh hati, termasuk memberikan ASI untuk sang buah hati. Di samping itu, banyak sekali keutamaan ASI, bukan hanya bagi sang buah hati, namun bagi sang ibu juga.

Dua pertiga sistem kekebalan tubuh bayi terdapat pada bagian perutnya, sehingga sangatlah penting untuk memperhatikan apa yang ia makan dan minum. Itulah sebabnya mengapa bayi yang baru lahir sangat membutuhkan ASI terutama selama 6 bulan pertama kelahirannya.

Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan sangat dianjurkan karena begitu banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak keutamaan ASI bagi ibu dan bayinya berikut ini:

  1. Bayi Terlindung dari Penyakit

ASI mengandung berbagai macam zat antibodi yang berasal dari ibunya, sehingga bisa melindungi bayi dari penularan penyakit. Keutamaan ASI ialah terdapat kolostrum untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare.

Bayi yang mengkonsumsi ASI akan lebih jarang terkena penyakit kronis daripada bayi yang meminum susu bubuk buatan pabrik atau susu formula. Istimewanya, ASI dapat  menyesuaikan tingkat kebutuhan seiring pertumbuhan bayi.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Keutamaan ASI yang di konsumsi bayi ialah dapat meningkatkan kecerdasan otak. Dalam ASI terkandung beberapa komposisi seperti taurin, DHA serta AA. Taurin berperan penting untuk pematangan sel otak. Sedangkan DHA dan AA ialah asam lemak tak jenuh yang sangat diperlukan dalam pembentukan sel otak yang optimal.

Jumlah DHA dan AA yang tinggi dalam ASI dapat menjamin pertumbuhan dan kecerdasan anak. Apabila bayi mengkonsumsi ASI, maka IQ-nya lebih tinggi karena komposisi gizinya sangat bagus.

  1. Mengurangi Berat Badan Sang Ibu

Tak perlu khawatir bagi para ibu yang ingin memiliki postur tubuh langsing seperti semula setelah melahirkan, karena keutamaan ASI selain untuk kesehatan bayi juga dapat membantu ibu mengurangi berat badan. Ketika ibu menyusui itu sama seperti membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori per hari. Jumlah kalori yang sama saat Anda berenang selama beberapa jam atau bersepeda selama satu jam.

  1. Mengurangi Resiko Terkena Kanker Payudara dan Kanker Rahim

Perlu Anda ketahui kebanyakan dari perempuan yang terkena kanker payudara adalah karena tidak memberikan ASI secara eksklusif, lebih memilih memberi susu formula untuk anaknya dengan alasan sibuk berkarir. Sebaiknya hal ini jangan Anda tiru, karena keutamaan ASI bagi ibu adalah dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara serta dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker indung telur dan kanker rahim.

Sudah jelas bukan kenapa pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan? Karena terdapat banyak keutamaan ASI di dalamnya. Maka jangan remehkan pemberian ASI eksklusif untuk buah hati Anda. Selain mengandung banyak manfaat untuk bayi, ASI juga bermanfaat untuk kesehatan ibu.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk