Kenali Penyebab Bayi Tidak Mau Minum ASI, Berikut Solusinya

Jika ada beberapa ibu yang mengeluh ASI tidak keluar, maka ada juga ibu yang mengeluh ASI terbuang sia-sia. Hal ini karena bayi tidak mau minum ASI dengan bermacam alasan yang sulit dipahami. Kejadian ini bahkan bisa berlangsung dalam waktu yang lama. Tidak hanya 1 minggu atau dua minggu, namun bisa sampai 1 bulan bahkan lebih.

Sebagai seorang ibu, Anda harus mengetahui apa penyebab bayi tidak mau minum ASI itu. Dan inilah jawaban dari ketidaktahuan Anda:

  1. Nyeri dan kondisi tidak sehat

Nyeri mulut pada bayi bisa diakibatkan oleh tumbuhnya gigi, sariawan, atau kondisi tidak sehat seperti demam. Nyeri setelah bayi imunisasi juga menjadi sebab ketidaknyamanan pada posisi menyusui tertentu. Selain itu, pilek juga dapat membuat hidung tersumbat, sehingga bayi sulit untuk bernafas selama menyusu. Hal ini membuat bayi tidak mau minum ASI.

  1. Sering berpisah dengan ibu

Jika Anda lama berpisah dengan bayi maka akan menyebabkan kerewelan dan bayi tidak mau menyusu karena terbiasa tidak menyusu.

  1. Aroma yang berbeda

Saat Anda merubah jenis parfum, sabun atau deodorant, maka aromanya otomatis ikut berubah. Hal ini akan mempengaruhi bayi kehilangan minat untuk menyusu bahkan bayi tidak mau minum ASI.

  1. Kebiasaan memberi susu formula

Dengan terlalu sering memberi susu formula untuk bayi Anda, maka produksi ASI akan berkurang. Perlu Anda ketahui, ASI akan berkurang dengan sendirinya akibat tidak ada yang menyusu. Dan jika bayi terbiasa diberi susu formula, maka ia tidak akan meminum ASI dengan lancar seperti semula.

Nah, bagaimana cara mengatasi masalah saat bayi tidak mau minum ASI? Yuk simak informasi berikut ini:

  1. Coba terus-menerus

Terus tawarkan payudara Anda kepada bayi, terutama saat bayi mengantuk. Apabila bayi mulai rewel, berhenti dan coba tawarkan beberapa saat kemudian.

  1. Ubah posisi menyusui

Cobalah berbagai posisi menyusui, hal ini karena bisa saja bayi merasa sesak saat menyusu sehingga bayi tidak mau minum ASI.

  1. Menyusui dalam ruangan tenang

Cobalah untuk menyusui dalam ruangan yang tenang tanpa gangguan. Cara seperti ini akan membuat bayi merasa rileks dan nyaman.

  1. Luangkan waktu bersama

Tingkatkan intensitas bertemu dengan bayi. Misalnya dengan lebih sering  lagi memeluk, menidurkan bayi dan menenangkan bayi.

  1. Atasi masalah gigi mulai tumbuh

Saat bayi mulai tumbuh gigi, alangkah lebih baiknya gosok gusinya menggunakan jari Anda sebelum menyusui. Jika si bayi menggigit Anda ketika menyusu, maka hentikan sejenak pemberian ASI.

  1. Mengevaluasi perubahan

Pikirkan lagi apa yang membuat bayi tidak mau minum ASI, apakah dari pola makan Anda, obat-obatan, atau produk baru seperti parfum dan sabun.

Kini Anda tahu apa yang menjadi penyebab bayi tidak mau minum ASI, bukan? Hal itu bisa disebabkan oleh kondisi tubuh bayi yang kurang sehat maupun perubahan rutinitas Anda. Maka tetaplah berusaha menjaga kesehatan bayi dan diri Anda.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk