Kandungan Di Dalam ASI Jauh Lebih Tinggi Dibanding Susu Formula. Berikut Detailnya

Saat bayi lahir, ia hanya boleh minum ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula hingga usia 6 bulan karena organ pencernaannya belum bisa mencerna makanan padat. Namun kandungan di dalam ASI sangat lebih dibutuhkan bayi dibanding susu formula. Di samping itu, ASI bermanfaat untuk ketahanan tubuh bayi agar tidak mudah terserang penyakit.

ASI memiliki beragam nutrisi yang kaya akan manfaat, selain itu ASI merupakan air susu alami dari sang ibu, jadi sangat aman untuk bayi karena tidak mengandung bahan kimia. Dengan demikian, diharapkan para ibu akan lebih percaya diri dalam pemberian ASI kepada bayinya.

Nah, berikut ini kandungan di dalam ASI dan juga manfaatnya yang wajib anda ketahui :

  1. Laktosa

Laktosa adalah karbohidrat utama dalam ASI yang berfungsi sebagai sumber energi untuk otak. Kadar laktosa yang terdapat dalam ASI hampir 2 kali lipat dibandingkan laktosa yang ditemukan pada susu sapi atau susu formula.

  1. Protein

Kandungan protein pada air susu ibu lebih tinggi daripada protein yang terkandung dalam susu sapi. Kualitas protein ASI juga lebih baik bila dibandingkan dengan susu sapi karena ASI memiliki jenis asam amino yang lebih lengkap dibanding susu sapi.

Kandungan di dalam ASI yang satu ini memiliki peran pada perkembangan otak, juga sangat dibutuhkan oleh bayi premature  karena kemampuan bayi prematur untuk membentuk protein sangat rendah.

 

  1. Lemak

Kadar lemak dalam ASI yang tinggi sangat dibutuhkan oleh bayi untuk mendukung pertumbuhan otak selama masa pertumbuhan. Di samping itu ASI juga mengandung beberapa asam lemak yang berperan untuk membantu perkembangan retina mata dan jaringan saraf bayi.

  1. Karnitin

Karnitin adalah kandungan di dalam ASI yang berperan membantu proses pembentukan energi untuk mempertahankan metabolisme tubuh. ASI memiliki kadar karnitin yang tinggi terutama pada 3 minggu pertama menyusui. Jumlah kanitrin pada ASI lebih tinggi dibandingkan jumlah kanitrin yang ada pada susu formula.

  1. Vitamin

Vitamin Kvitamin Dvitamin E, dan vitamin A terkandung dalam air susu ibu. Vitamin K dibutuhkan sebagai zat gizi yang berfungsi sebagai faktor pembekuan. Vitamin D berfungsi sebagai membangun gigi dan tulang yang kuat selain kalsium. Sementara vitamin E untuk ketahanan dinding sel darah merah. Vitamin A tentu berfungsi untuk kesehatan mata dan juga kekebalan tubuh.

  1. Mineral

Mineral termasuk kandungan di dalam ASI yang mempunyai kualitas lebih baik dan lebih mudah diserap dibanding dengan mineral yang terdapat pada susu sapi. Mineral utama yang terdapat di dalam ASI adalah kalsium yang memiliki fungsi untuk pertumbuhan jaringan saraf dan pembekuan darah.

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa kandungan di dalam ASI sangat beragam dan  kaya akan manfaat untuk pertumbuhan bayi. Nutrisi air susu ibu juga jauh lebih tinggi dibanding nutrisi yang terkandung pada susu formula dan susu sapi.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk