Jangan Khawatir ASI Tidak Keluar Jika Anda Sudah Melakukan Hal Ini

Setelah melahirkan, tugas ibu selanjutnya adalah menyusui bayinya. Namun permasalahan ASI tidak keluar sering dialami oleh perempuan yang baru saja melahirkan anak pertama. Tentunya kondisi ini akan membuat para ibu muda menjadi stres dan tidak percaya diri dalam merawat buah hatinya.

Sejatinya, tidak ada satu pun ibu yang tidak bisa menghasilkan ASI. Karena ASI sendiri bisa dirangsang untuk keluar. Tetapi, yang harus Anda ketahui adalah ASI tidak langsung lancar mengalir setelah melahirkan anak pertama.

Untuk Anda yang sedang hamil anak pertama, jangan khawatir ASI tidak keluar bila Anda melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Mengkonsumsi sayur dan buah

Asupan makanan dan minuman sangat mempengaruhi produksi ASI. Dengan Anda mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan secara rutin, kendala ASI tidak keluar sangat kecil kemungkinannya.

Sayur yang dipercayai dapat melancarkan air susu ibu adalah daun katu. Maka demi lancarnya ASI yang Anda berikan untuk buah hati, sebaiknya Anda rajin mengkonsumsi daun katu dan memasaknya.

  1. Minum minuman hangat

Minuman hangat seperti susu, teh, atau kopi akan membantu Anda untuk lebih rileks dan tenang. Kondisi tubuh yang tenang akan membantu mekanisme tubuh kembali normal dan meningkatkan ASI, karena jika Anda stress (baby blues) maka akan menghambat produksi ASI dan mengakibatkan ASI tidak keluar.

  1. Merangsang putting susu

Ketika ASI tidak keluar, Anda bisa melakukan rangsangan dengan cara menarik lembut atau memutar perlahan puting susu. Bisa juga dengan memijatnya perlahan atau sekadar mengusapnya.

  1. Banyak konsumsi air putih

Perbanyak minum air putih saat masa kehamilan. Dianjurkan untuk meminum 10-12 gelas air putih per hari agar kebutuhan cairan Anda saat menyusui dapat terpenuhi, sehingga tidak ada keluhan ASI tidak keluar dan ASI yang dihasilkan pun selalu lancar. Biasakan pula untuk minum air mineral setelah Anda menyusui.

  1. Beristirahat yang cukup

Istirahat yang cukup akan mempengaruhi jumlah ASI yang Anda keluarkan. Jika Anda selalu bekerja tanpa mengenal waktu hingga begadang setiap malam, maka Anda akan sangat lelah dan hal itu kemungkinan menjadi penyebab ASI tidak keluar.

  1. Hidup sehat

Selain konsumsi buah dan sayur, berolahraga juga mempengaruhi produksi ASI. Jika Anda rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hidup sehat tanpa rokok dan alcohol, maka tidak aka nada keluhan ASI tidak keluar.

Apabila Anda telah melakukan hal-hal di atas dengan baik saat masa kehamilan, maka ASI yang Anda produksi akan lancar, dan hal ini membuat bayi Anda bahagia. Nah, bagi Anda yang belum melakukan hal-hal tersebut, lakukanlah secara rutin karena asupan makanan dan minuman, waktu istirahat, dan juga olahraga sangat mempengaruhi lancar tidaknya ASI. Jangan sampai bayi Anda tidak bahagia karena ASI tidak keluar.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk