Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi ASI Keluar Padahal Tidak Hamil

 

ASI keluar padahal tidak hamil memang akan membuat takut bagi setiap wanita yang mengalaminya. Ya, fenomena ini memang dapat terjadi pada wanita siapa saja, namun tidak semua wanita dapat mengalaminya.

Umumnya, ASI keluar pada saat masa menyusui. Pada saat itu memang tubuh akan secara alami mengeluarkan ASI guna memenuhi kebutuhan untuk bayi. Keluarnya ASI ini pun dipengaruhi oleh hormon yang ada pada tubuh wanita.

Lalu, apa jadinya jika ASI keluar padahal tidak hamil? Ini dia penjelasan selengkapnya.

Keluarnya ASI disebabkan oleh adanya hormon yang mirip dengan hormon progresteron, estrogen, dan prolaktin. Ketiga hormon tersebut dapat diproduksi karena adanya rangsangan fisik atau suplemen hormon. Nah, dengan adanya hormon yang mirip dengan hormon alami yang dimiliki oleh tubuh ini, keluarlah ASI meskipun Anda tidak dalam keadaan hamil sekalipun.

ASI keluar padahal tidak hamil ataupun menyusui biasanya disebut dengan galaktorea. Galaktorea ini dapat terjadi pada wanita yang sudah pernah hamil ataupun bagi wanita yang belum pernah hamil sebelumnya. Biasanya, ASI-nya akan berwarna kekuningan ataupun kehijauan. Galaktorea dapat terjadi pada satu payudara ataupun kedua-duanya. Penyebab dari galaktorea ini adalah.

  • Rangsangan pada bagian payudara seperti saat menyusui, gesekan dengan pakaian, gairah seksual, stres emosional kronis, luka bakar pada dada.
  • Efek samping dari pengaruh obat-obatan seperti pil KB, sulpiride, antihipertensi, H2 blocker, dan jenis obat lainnya.
  • Tumor pada hipofisis. Penyakit ini adalah faktor paling umum ASI keluar padahal tidak hamil.
  • Gagal ginjal kronis yang dapat memicu produksi hormon prolaktin berlebih.

Hal yang paling utama yang harus Anda lakukan saat ASI keluar padahal Anda tidak dalam keadaan hamil atau menyusui adalah tidak melakukan hal-hal yang dapat merangsang payudara seperti meremas atau menyentuh puting, memakai pakaian yang ketat. Selanjutnya, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

Namun, jika sudah melakukan hal-hal tersebut namun ASI masih saja keluar dari payudara Anda, mungkin penyebabnya berasal dari pengaruh obat yang dikonsumsi ataupun penyakit yang diderita.  Langkah yang paling tepat untuk menghentikan galaktorea ini adalah dengan berkunjung ke dokter kepercayaan Anda.

Jika memang galaktorea disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi, maka dokter akan mengubah cara pengobatan Anda. Jika galaktorea disebabkan oleh penyakit, maka dokter akan memberikan resep obat yang terbaik untuk Anda.

Jangan menunda-nunda untuk pergi ke dokter, karena takutnya akan semakin parah dan sulit untuk disembuhkan nantinya. Galaktorea ini memang bisa disembuhkan jika Anda mengetahui penyebabnya dan mengubah kebiasaan buruk yang selama ini belum ditinggalkan.

Budaya hidup sehat memang harus Anda terapkan mulai dari sekarang juga. Hal ini berguna untuk investasi jangka panjang dan pastinya agar Anda tidak mengalami ASI keluar padahal tidak hamil.

 

 

 

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk