Ini Dia Tips Menyimpan ASI Yang Harus Diketahui Oleh Para Ibu

Tips menyimpan ASI memang harus Anda perhatikan dengan baik agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang. Pemberian ASI eksklusif memang sangat dianjurkan untuk bayi mulai dari usia 0 sampai dengan 6 bulan tanpa adanya makanan pend

amping. Nah, untuk selanjutnya ASI diberikan sampai usia bayi menginjak 2 tahun, pada masa ini harus dilengkapi dengan makanan dan minuman pendamping agar si kecil dapat tumbuh dengan baik.

Demi tumbuh kembang anak, sudah pasti sang ibu mau memberikan ASI kepada si kecil. Ternyata ada banyak sekali manfaat dari ASI ini, penasaran? Yuk intip informasi di bawah ini.

  • Mengandung nutrisi Arachidonic Acid (AA) dan Ddecosahexanoic Acid (DHA) yang dapat membantu perkembangan sel otak anak.
  • Menurut penelitian, bayi yang diberikan ASI secara rutin cenderung memiliki IQ di atas rata-rata dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula.
  • Sebagai sistem kekebalan yang alami untuk si bayi
  • Menunjang perkembangan syaraf motorik dari si kecil agar dapat cepat berjalan.
  • ASI dianggap lebih higienis dan juga tidak mudah basi jika dibandingkan dengan susu formula.

Anda yang bekerja sebagai wanita karir sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk menyusui, tak perlu khawatir karena Anda bisa menyediakan ASI dan menyimpannya untuk persediaan si kecil. Jadi, Anda pun tak perlu memberikan susu formula kepada bayi.

Nah, berikut ini akan disaj

ikan informasi mengenai tips menyimpan ASI di tempat yang dianjurkan.

  1. Botol

Siapkanlah botol yang akan digunakan untuk menyimpan asi, boleh botol yang terbuat dari kaca ataupun botol yang terbuat dari plastik. Namun, lbih disarankan untuk menggunakan botol kaca agar sisa ASI-nya tidak menempel. Jika memang Anda ingin menggunakan botol plastik, maka pastikan botol tersebut bebas dari Bisphen

ol A.

Sebaiknya, gunakanlah botol yang berevolume 60-120 ml agar dapat dikonsumsi sekali minum saja. Isi ¾ bagian saja dan berilah label nama, tanggal, dan juga jam memerah. Jangan lupa untuk menutup botol rapat-rapat

  1. Kulkas

ASI yang disimpan di dalam kulkas lebih baik penataannya diurutkan berdasarkan tanggal, yaitu yang lebih dulu diperah letaknya palin

g dekat dengan pintu kulkas agar mudah untuk dijangkau. Agar lebih mudah, Anda perlu memberikan tanggal dan jam memerahnya.

  1. Cooler bag

Masukkanlah ASI yang sudah diperah ke dalam botol kaca atau plastik khusus untuk menyimpan ASI. Kemudian masukan ice gel pada c

ooler bag ke dalam freezer. Untuk awal, dinginkan ice gel selama 24 jam dan untuk selanjutnya cukup 8 jam saja.

Masukkan ice gel beserta susu perahan ke dalam cooler bag, tutup rapat agar suhunya optimal. Praktis bukan tips menyimpan ASI ini?

Tak perlu memberikan susu formula kepada bayi, karena tips menyimpan ASI tersebut d

apat Anda pratekkan sendiri di rumah dan bayi Anda pun tetap bisa mengonsumsi ASI sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk