Ingin ASI Lancar? Anda Harus Memperhatikan Tips Makanan Pelancar ASI Berikut Ini

Di jaman modern ini banyak ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya dengan alasan tidak dapat menghasilkan ASI yang cukup banyak. Padahal ASI sangatlah dibutuhkan oleh bayi baru lahir. Alasan tidak bisa menghasilkan ASI tentunya tidak dapat dibenarkan, karena faktanya hampir semua ibu bisa menghasilkan ASI untuk bayinya lebih dari cukup.

Namun, jika Anda memang hanya bisa memproduksi ASI sedikit atau sama sekali tidak keluar, berarti Anda harus rajin berolahraga, memperhatikan waktu tidur, dan juga memperhatikan tips makanan pelancar ASI berikut ini:

  1. Minumlah air putih minimal 8 gelas

Air adalah aspek terpenting dalam memperlancar ASI. Anda harus bisa mencukupi kebutuhan cairan harian dengan meminum air putih minimal 8 gelas per hari supaya ASI yang Anda hasilkan bisa mencukupi kebutuhan bayi.

2. Konsumsi Daun Katuk

Protein, kalium, fosfor, zat besi dan vitamin terkandung dalam daun katuk ini. Daun katuk mengandung asam seskuiterna yang berperan untuk memperlancar ASI. Tips makanan pelancar ASI yang satu ini bisa melancarkan produksi ASI hingga 50% lebih banyak.

3. Sayur Bayam

Bayam mengandung protein, kalium, fosfor, kalsium, magnesium dan vitamin terutama vitamin. Kandungan vitamin B6 pada bayam baik bagi sistem kekebalan tubuh bayi.

4. Kacang hijau

Kacang hijau memiliki sumber protein nabati yang baik, selain itu, kandungan vitamin B1 pada kacang hijau ini mampu mengubah karbohidrat menjadi energy, nah untuk dapat memproduksi ASI yang lancar, tubuh Anda memerlukan energi yang cukup.

5. Konsumsilah pare

Kandungan antioksidan yang ada dalam pare ini berperan untuk mencegah kerusakan sel dan bisa meningkatkan kesehatan gigi, tulang serta pembuluh darah. Anda harus mencoba tips makanan pelancar ASI ini agar bisa memproduksi ASI yang cukup.

6. Labu siam

Asam folat pada labu siam berperan penting dalam pembentukan sel, hemoglobin, perkembangan sel saraf, dan juga perkembangan jaringan tubuh buah hati Anda.

7. Konsumsilah buah semangka

Buah Semangka merupakan buah yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A bagi Anda yang menyusui. Kadar air tinggi yang dimiliki semangka juga baik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda. Hal ini akan meningkatkan produksi ASI.

8. Buah jambu air

Jambu air baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu, selain itu buah ini juga memiliki kadar air cukup tinggi yang bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh ibu dan kemudian melancarkan ASI.

Anda dapat mempraktikkan tips makanan pelancar ASI di atas pada saat Anda dalam masa kehamilan dan masa menyusui. Selain mengandung nutrisi yang berperan untuk melancarkan ASI, makanan tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Dengan tips makanan pelancar ASI tersebut, Anda tidak perlu membeli obat kimia untuk memperlancar ASI, karena bahan-bahan alami di atas sudah bisa mengatasi masalah kekurangan air susu ibu.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk