Fungsi Air ASI Ibu Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi

Pemberian air ASI ibu pada bayi hingga berumur 2 tahun tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh bayi. Apalagi pada bayi usia 0 sampai 6 bulan, pemberian ASI ekskulsif sangat berperan penting, karena ASI dapat mudah dicerna oleh tubuh ketika usia tersebut. Pemberian ASI juga sangat berperan bagi segi psikologi bayi, karena ketika pemberian ASI akan terjadi kontak batin antara ibu dan bayi, dimana bayi akan merasa nyaman dalam pelukan ibu.

Pentingnya pemberian ASI pada bayi juga harus diperhatikan, karena ASI merupakan sumber nutrisi bagi bayi yaitu berfungsi untuk melindungi kekebalan tubuh dari infeksi penyakit yang menyerang. Selain itu ASI juga dapat dijadikan sarana dalam mendekatkan jiwa antara bayi dan ibu.

Selain itu air ASI ibu lebih higienis atau berkualitas dari pada dengan susu formula, karena ASI yang berada dalam payudara ibu akan terjaga kandungannya dan akan tetap dalam keadaan steril. Bukan hanya itu saja ASI juga tidak akan mudah basi dan akan selalu dalam kedaan segar karena langsung dihasilkan oleh payudara, jika air ASI ibu dikonsumsi secara rutin maka akan memberikan gizi yang seimbang bagi bayi.

Air ASI ibu juga berfungsi sebagai pelindung yang baik bagi bayi dari berbagai penyakit, seperti diare, gangguan pencernaan, bahkan dapat mengurangi kasus kematian bayi mendadak. Jumlah ASI juga dapat diatur sesuai kebutuhan bayi, hal ini karena sistematika proses pengeluaran ASI sangat unik sesuai dengan kebutuhan dan usia bayi.

Air ASI ibu merupakan makanan yang sangat tepat bagi bayi karena ASI ini wajib diberikan pada bayi selama 2 tahun. air ASI ibu juga dapat berfungsi untuk melindungi bayi dari alergi makanan, karena pada usia dibawah 2 tahun tubuh bayi masih rentan terhadap penyakit, untuk itu ASI sangat dibutuhkan untuk menyeimbangkan makanan yang masuk dalam tubuh.

Bukan hanya bermanfaat bagi bayi, namun air ASI ibu juga bermanfaat bagi sang ibu, karena dengan menyusui ibu akan terasa nyaman atau terhindar dari ketegangan payudara yang akan menyebabkan ASI tidak keluar dengan lancar. Selain itu pemberian ASI pada bayi juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker ovarium yang akan menyerang ibu.

Anggapan tidak ada air susu yang lebih baik daripada air ASI ibu memanglah benar, karena ASI diproduksi secara alami pada tubuh, sehingga nutrisi dan kandungannya akan terjamin. Dengan adanya ASI tentunya akan sangat bermanfaat bagi bayi dan ibu.

Sehingga, pada masa menyusui seorang ibu harus menjaga kesehatan dengan cara mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, serta melaksanakan pola hidup yang teratur seperti istirahat yang cukup, tidak merokok, tidak minum alkohol serta tidak mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak perlu dilakukan, karena hal-hal tersebut akan mempengaruhi produksi air ASI ibu.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk