Faktanya Bayi Anda Adalah Pelancar ASI Terdekat

Setelah Anda melahirkan, tugas Anda adalah menyusui buah hati tercinta. Namun apakah Anda dapat memproduksi dengan lancar? Belum tentu. Hal ini karena banyak ibu yang mengalami hambatan terkait produksi ASInya. Tapi sebenarnya Anda memiliki pelancar ASI tedekat.

Nah, sebelumnya, apa penyebab ASI terhambat? Mungkin berikut ini salah satu penyebabnya:

  1. Masalah Hormonal & Endokrin

Hormone dan endokrin menjadi factor ibu dalam memproduksi ASI.

  1. Operasi Payudara

Apabila Anda pernah mengoperasi payudara, Anda membutuhkan obat herbal atau suplemen untuk melancarkan ASI.

  1. Pemakaian Alat Kontrasepsi yang Hormonal

Cara mudah untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan menghentikan pemakaian pil KB. Sebelum melakukan KB, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Karena pil KB dapat menghambat ASI yang Anda hasilkan.

  1. Kesulitan Menghisap & Masalah Anatomi

Bisa jadi karena si kecil lah produksi ASI Anda sedikit. Kemungkinan bayi kesulitan untuk mendapatkan ASI adalah karena ada masalah pada anatomi tubuhnya. Misalnya saja bayi memiliki tali lidah yang pendek, sehingga sulit untuk menyusu.

  1. Tidak Disusui di Malam Hari

Bayi memang butuh tidur yang cukup lama dibanding orang dewasa, tapi bukan berarti ibu bisa membiarkannya tidur sepanjang malam. Bayi yang jarang menyusu pada malam hari bisa jadi akan memiliki masalah penambahan berat badan.

  1. Membuat Jadwal Menyusui atau Memakai Empeng

Anda bisa memproduksi ASI lebih sering saat payudara Anda mulai kosong dan produksi ASI akan menurun jika payudara sudah penuh.

 Nah, bagaimana cara mengatasi produksi ASI yang sedikit tersebut? Anda harus menjaga pola makan, memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, perbanyak konsumsi sayur dan buah, berolahraga, serta istirahat yang cukup. Anda juga bisa menambah suplemen untuk membantu dalam produksi ASI yang melimpah.

Namun sebenarnya, pelancar ASI terdekat bagi seorang ibu ialah dengan menyusui anaknya secara eksklusif. Hal ini karena dengan menyusui buah hati, akan menambah kedekatan emosional antara ibu dan anak. Secara tidak langsung, ASI yang Anda produksi juga bertambah banyak, karena terpicu oleh sang anak.

Mengapa dikatakan sebagai pelancar ASI terdekat? Karena Anda tidak perlu banyak hal, Anda hanya perlu melakukan hal yang mudah dan sering Anda lakukan, yakni dengan menyusui anak Anda secara eksklusif.

Terbukti dengan beberapa ibu yang bisa menyusui anaknya secara eksklusif, kebanyakan dari mereka mengaku bahwa ASI yang mereka produksi bisa melimpah karena bayinya. ASI akan secara otomatis keluar sendiri saat bayi membutuhkannya.

Dan jika bayi butuh ASI, namun Anda sering tidak memberikannya karena sibuk atau  tidak sempat, maka produksi ASI pun akan ikut berkurang. Inilah alasan mengapa bayi dikatakan sebagai pelancar ASI terdekat.

Jadi jika bayi Anda jarang disusui, payudara pun akan lebih lama kosong. Sehingga produksi ASI Anda ikut menurun. Begitu juga sebaliknya, jika bayi disusui setiap dia meminta, payudara Anda akan lebih cepat kosong dan otomatis akan kembali memproduksi ASI.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk