Cara Perah ASI Menggunakan Tangan dan Pompa, Anda Memilih Yang Mana?

Memerah ASI memang sah-sah saja dilakukan jika memang diperlukan. Namun, tentu saja memberikan ASI secara langsung kepada sanga buah hati jauh lebih baik. Biasanya, ibu yang memerah ASI adalah ibu pekerja yang tidak bisa setiap saat ada di samping si kecil.

Memberikan persediaan ASI perah memang cara yang lebih baik dibandingkan dengan memberikan susu formula kepada bayi.

Namun, tahukah Anda bagaimana cara perah ASI yang benar? Jika belum, Anda patut untuk menyimak informasi menarik di bawah ini.

Pada dasarnya metode untuk memerah ASI ada dua macam yaitu yang pertama dengan menggunakan tangan dna yang kedua dengan menggunakan pompa.

  1. Cara memerah ASI dengan tangan

Inilah cara perah ASI menggunakan tangan yang harus Anda perhatikan.

Bersihkanlah tangan Anda terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum memulai memerah ASI. Hal ini bertujuan agar ASI tidak terkontaminasi bakteri dan kuman.

  • Siapkan pula perlengkapan untuk menampung ASI nantinya seperti botol kaca atau plastik yang sudah disterilisasi.
  • Usaplah payudara Anda dengan gerakan melingkar mulai dari bagian atas, bawah, sampai bagian samping dengan titip pusatnya bagian puting. Pengusapan ini harus dilakukan dengan lembut.
  • Empat jari diletakkan di bawah payudara dan ibu jari diletakkan di atas payudara
  • Jika sudah tepat pada kelenjar susu, perahlah susu secara perlahan.
  • Lakukan cara tersebut secara bergantian dari sisi kiri dan kanan payudara Anda.
  • Jika memang ASI sudah mau berhenti keluar, jangan paksakan untuk memerah ASI, namun hentikan dalam memerah ASI dan usaplah semua bagian payudara secara lembut.

 

  1. Cara perah ASI menggunakan pompa

Begini cara memerah ASI menggunakan pompa manual dan pompa elektrik.

  • Siapkanlah semua peralatan yang dibutuhkan untuk memompa ASI sampai tempat untuk menampung ASI-nya. Sterilkan semua alat, jika perlu cuci dengan menggunakan air hangat.
  • Usaplah payudara Anda menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk membasmi semua kuman dan bakteri yang menempel pada payudara Anda.
  • Tempatkanlah corong pompa ASI pada aerola
  • Jika menggunakan pompa manual, gunakanlah satu tangan untuk menarik serta melepas tuas dari pompa, sedangkan tangan yang lainnya memegang botol penampung ASI.
  • Jika, Anda menggunakan pompa eletrik caranya lebih praktis lagi, Anda tinggal menempatkan corongnya saja pada aerola, kemudian hidupkan panelnya. Dengan begitu ASI akan keluar melalui corong ke wadah penampung.
  • Pompa elektrik memang akan semakin memudahkan pekerjaan Anda, dan Anda pun bisa sambil mengerjakan pekerjaan ringan yang lainnya.

Dari kedua metode tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tergantung Anda saja mau memilih cara perah ASI yang mana.

Dengan memperhatikan cara tersebut, Anda pun tidak akan salah lagi dalam memerah ASI dan tentu saja payudara Anda tidak akan terasa sakit jika Anda melakukannya dengan benar. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk