Cara Mengatasi Kulit Bayi Merah Karena Air Asi Yang Paling Mujarab

Kulit bayi merah karena air ASI sebenarnya disebabkan jika sang ibu memiliki riwayat alergi. Timbulnya bercak merah pada si kecil biasanya muncul setelah mendapatkan ASI dari si ibu yang sebelumnya mengonsumsi makanan yang dapat memicu alergi seperti telur, kacang-kacangan, daging ayam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya itu saja bercak merah karena air ASI juga bisa disebabkan oleh suhu panas, kuman-kuman kecil atau tungau, polusi udara, selimut dan bantal yang kotor, dan sebagainya. Munculnya bercak merah ini membuat si anak merasa gatal dan tak kuasa untuk menggaruknya. Hal ini akan membuat si anak gelisah dan rewel. Terlebih lagi rasa gatal akan semakin terasa pada malam hari, sehingga akan mengganggu waktu tidur anak.

Parahnya, jika tidak segera diatasi bercak merah ini akan menyebar ke bagian lainnya seperti leher, punggung, maupun daerah lain yang tidak terkena ASI. Tentu ini akan semakin membuat Anda panik bukan? Nah, berikut ini akan disajikan informasi mengenai cara mengatasi kulit bayi merah karena air ASI.

  1. Hindari penyebab alergi

Jika penyebab munculnya kulit bayi merah disebabkan oleh zat-zat yang terkandung dalam ASI, sebaiknya ibu yang mengalami alergi harus menghindari makanan yang dapat memicu munculnya bercak merah pada bayi.

Biasanya makanan yang dapat memicu alergi adalah daging ayam, kacang-kacangan, dan juga telur. Alangkah baiknya, Anda tidak mengonsumsi makanan tersebut terlebih dahulu agar si bayi tidak mengalami bercak merah yang akan membuatnya mudah rewel karena merasa gatal.

  1. Jangan mandikan bayi dengan air hangat

Saat kulit bayi merah karena air ASI, jangan mandikan bayi menggunakan air hangat. Hal ini justru akan semakin memperparah kondisi bercak merah pada bayi. Dimana, air hangat akan semakin membuat kulit bayi menjadi kering dan akan menimbulkan rasa gatal yang berlebih.

 

 

 

  1. Mengoleskan pelembab

Sekarang tersedia banyak pelembab yang bisa digunakan untuk mengobati bercak merah pada si kecil. Carilah pelembab yang khusus untuk mengobati bercak merah agar kulit bayi tidak terasa kering dan tidak menimbulkan gatal lagi.

  1. Menjaga kulit bayi tetap kering

Usahakan untuk menjaga kulit bayi kering dar keringat atau dari udara panas agar si kecil tidak mengalami gatal-gatal. Selalu tempatkan bayi Anda pada ruangan yang sejuk dan nyaman.

  1. Bawa ke dokter spesialis anak

Jika upaya-upaya tersebut tidak berhasil juga menyembuhkan kulit bayi merah karena air ASI dan justru kondisinya semakin parah, segeralah bawa bayi Anda ke dokter spesialis anak agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Tak perlu panik jika kulit bayi merah karena air ASI, karena cara-cara tersebut dapat membantu Anda agar si kecil tak lagi merasa gatal dan rewel. Selamat mencobanya ibu, semoga usaha Anda berhasil.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk