Bukan Hanya Ibu, Peran Ayah Dalam Memberikan ASI Eksklusif Juga Tak Kalah Penting

Setelah kelahiran sang buah hati kerja sama antara ibu dan ayah sangat penting, salah satunya dalam pemberian ASI eksklusif. Seorang ibu tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan dari peran sang ayah.

Suami sangat penting dalam pemberian ASI eksklusif karena suami dapat diibaratkan sebagai sponsor utama. Selain itu suami juga harus tau apa itu ASI eksklusif dan manfaatnya. Peran ayah dalam memberikan ASI eksklusif akan membantu tumbuh kembang sang bayi.

Program ASI eksklusif dapat dilakukan dengan menciptakan suasana rumah yang aman, nyaman, dan positif. Keadaan rumah yang nyaman akan membuat ASI yang keluar lebih banyak sehingga pertumbuhan bayi dapat berkembang dengan sangat baik.

Oleh karena itu seorang ayah harus mengatur kondisi rumah agar nyaman untuk sang ibu dan buah hati. Selain itu saat ibu menyusui akan menguras tenaga, dan dibutuhkan perhatian yang cukup ekstra oleh suami.

Sang ibu akan lebih mengalami kendala saat menyusui, dari susu yang tidak mau keluar hingga bayi yang rewel. Dengan adanya keadaan ini maka sang ayah harus dapat memberikan dukungan penuh pada istrinya.

Berikut ini peran ayah dalam memberikan ASI eksklusif :

  1. Menjadi cheerleader untuk istri saat menyusui

Ayah yang menjadi cheerleader merupakan peran ayah dalam memberikan ASI eksklusif yang akan membuat istri lebih rileks dan ASI akan keluar lebih lancar. Kondisi hati ibu jika senang akan membuat hormon oksitosin dan prolaktin untuk produksi ASI akan bekerja lebih baik. Walau sang ibu akan sibuk dengan mengurus bayinya yang baru saja lahir jangan lupa sang ayah tetap memberikan kejutan-kejutan kecil dengan membantu pekerjaan rumah sang ibu. Tentunya ini dapat membuat sang ibu merasa senang.

2. Menjadi manager ASI eksklusif yang baik

Dalam proses menyusui akan lebih mudah jika dapat mengatur persediaan ASI dengan baik. Sang ayah dapat berperan dalam membuat jadwal atau daftar apa saja yang dibutuhkan untuk menyimpan ASI. Selain itu sang ayah juga dapat menemani ibu pada saat memompa ASI dan selalu mengingatkan istrinya untuk memompa sebagai persediaan ASI untuk sang buah hati.

3. Tunjukkan bahwa ayah adalah orang tua yang sebenarnya

Tugas seorang ayah bukanlah sekedar mengambil keputusan dan memberi nafkah, akan tetapi harus juga bisa mengurus urusan rumah. Dari membantu mengurus anak dan juga membantu berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari. Tentunya ibu yang sedang menyusui harus selalu ada di samping sang buah hati, oleh karena itu peran sang ayah agar ASI eksklusif berjalan dengan lancar sebaiknya dapat membantu pekerjaan yang ada. Sehingga peran ayah sebagai orang tua akan sangat membantu.

4. Memberi motivasi

Ibu yang sedang menyusui akan lebih merasa emosional, cepat lelah, sehingga hal ini sering menjadikan ibu ingin berhenti menyusui. Dengan keadaan ini peran ayah yaitu menjadi pendengar yang baik, ajak istri untuk beristirahat dan nikmati keromantisan berdua.

Demikian beberapa peran ayah dalam memberikan ASI eksklusif, dengan dukungan yang diberikan maka ASI eksklusif yang diberikan pun berkualitas dengan baik.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk