Bolehkah Menyimpan ASI Di Freezer? Ini Dia Jawaban Yang Tepat

Bolehkah menyimpan ASI di freezer? Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh para ibu yang sedang dalam masa menyusui. Ya, karena kegiatan yang begitu padat, seorang ibu nyatanya tidak bisa setiap saat ada di samping si kecil untuk memberikan ASI secara eksklusif. Berbagai cara pun dilakukan agar si kecil tidak mengonsumsi susu formula, salah satunya yaitu dengan menyediakan stok ASI di rumah.

Namun, ASI juga harus dalam penyimpanan yang baik tidak boleh sembarangan karena nanti akan mudah basi dan kandungan nutrisinya hilang. Sebenarnya menyimpan ASI di freezer boleh-boleh saja asalkan Anda mengetahui cara penyimpanannya yang benar.

Pada dasarnya ASI perah memang bisa disimpan di botol, kulkas, cooler bag, freezer namun hanya bisa bertahan dalam beberapa waktu saja dan jika sudah dikeluarkan dari wadah tersebut harus diminum sampai habis tidak bisa dikembalikan lagi.

Untuk pertanyaan bolehkah menyimpan ASI di freezer? Jawabannya adalah diperbolehkan asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah dianjurkan oleh para dokter yaitu ASI perahnya ditempatkan pada botol plastik ataupun kaca khusus penyimpanan ASI dan letakkan ASI di bagian freezer yang paling dalam agar saat pintu freezernya di buka tidak mempengaruhi suhu optimal dari ASInya.

Nah, untuk penyajian ASI yang sudah membeku, perhatikanlah cara pencairan ASI yang benar berikut ini sebelum memberikannya ke bayi.

  • Mula-mula Anda harus meletakkan botol ASI yang sudah membeku tadi di kulkas bagian bawah. Diamkan kurang lebih 12 jam.
  • Jika ingin ASI-nya cepat mencair, tempatkanlah botol ASI tersebut di bawah aliran air dengan suhu ruangan, kemudian tingkatkan temperatur air secara bertahap jangan sekaligus langsung dialiri air yang panas, karena akan merusak kandungan gizi dari ASI.
  • Anda juga bisa menempatkan botol ASI pada sebuah wadah yang diisi dengan air bersuhu ruangan, lalu gantilah air tersebut dengan air hangat secara bertahap. Lakukanlah cara tersebut sampai ASI-nya benar-benar mencair.
  • Ingat, jangan mencairkan ASI dengan memanaskannya pada microwave karena kandungan baik di dalam ASI akan rusak. ASI yang sudah dicairkan tidak boleh dimasukkan ke dalam freezer lagi untuk dibekukan kembali dan nantinya dicairkan lagi. Percuma saja, karena kandungan gizinya sudah hilang.

Untuk ASI yang disimpan pada freezer dengan model kulkas satu pintu maka akan bertahan selama 2 minggu. Untuk lemari es berpintu dua akan bertahan selama 3 bulan. Nah, untuk penyimpanan di dalam freezer tunggal dapat bertahan sampai 2 bulan saja.

Terjawab sudah pertanyaan bolehkah menyimpan ASI di freezer?  Sekarang Anda pun tak perlu khawatir lagi untuk menyediakan stok ASI, lalu menempatkannya di freezer, karena sudah tahu syarat dan ketentuan yang harus dijalankan. Pastikan bahwa cara yang Anda lakukan sudah sesuai dengan syarat penyimpanan dan pencairan ASI perah tersebut agar si kecil tetap mendapatkan ASI yang bernutrisi.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk