Berapa Lama Memberikan ASI Yang Terbaik

Bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan diwajibkan untuk dapat memberikan ASI kepada bayinya. ASI atau air susu ibu dikenal sebagai pengganti makanan dan cairan untuk sang bayi. Manfaat ASI untuk sang buah hati sangatlah penting, karena pada masa bayi baru lahir sistem pencernaannya belum sempurna.

Hal ini menyebabkan sang buah hati harus mendapatkan ASI sebagai pengganti makanan sehingga bayi dapat tumbuh kembang dengan baik. Berapa lama memberikan ASI yang terbaik untuk bayi kembali pada sang ibu.

Masih banyak para ibu yang bertanya berapa lama memberikan ASI yang terbaik untuk sang buah hati? Jawaban dari pertanyaan itu sebenarnya kembali lagi pada pribadi masing-masing seorang ibu.

Menyusui sang buah hati bagi kaum ibu tergantung pada sifat masing-masing individu, seperti emosional. Terkadang ada ibu yang menyusui anaknya hingga 2 tahun, namun juga ada seorang ibu yang menyusui anaknya tidak sampai 2 tahun. Ini semua kembali pada pribadi masing-masing.

Lamanya ASI yang diberikan terbaik yaitu 0 sampai 6 bulan tanpa makanan dan minuman tambahan, ini sering disebut sebagai ASI eksklusif. Dilanjutkan dengan pemberian ASI selama 2 tahun dengan tambahan makanan dan minuman lainnya. Berapa lama memberikan ASI yang terbaik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya budaya.

Setiap daerah memiliki budayanya masing-masing dalam pemberian ASI. Bahkan di afrika, ibu menyusui anaknya tidak hanya sampai 2 tahun namun bisa sampai 4 tahun. Selain itu juga di negara berkembang ibu yang baru saja melahirkan tidak langsung memberikan ASI namun menggantikannya dengan susu formula karena sang ibu harus kembali menyelesaikan pekerjaannya.

ASI sebaiknya diberikan segera saat bayi sudah lahir, pada ASI pertama akan bertahan pada 4 hingga 5 hari yang dikenal dengan ASI kolostrum. Air susu sebenarnya keluar setelah hari kelima. Dalam memberikan susu pada bayi jangan hanya dibebankan pada satu payudara saja, namun saling bergantian dengan bergiliran selama 5 hingga 7 menit.

Berapa lama memberikan ASI yang terbaik? Berikut penjelasannya :

  • Pada bayi yang baru saja lahir berilah ASI umumnya 8 hingga 12 kali dalam sehari selama dua minggu setelah kelahiran. Lihatlah tanda-tanda bayi merasa lapar seperti menggeliat, tidur tidak nyenyak, tangan bergerak ke arah mulut berulang kali, dan lain-lainnya.
  • Semakin berkembangnya pertumbuhan bayi, maka bayi akan jarang minum dengan jarak 2 hingga 3 jam sekali. Ini wajar terjadi karena bayi akan mengalami lonjakan pertumbuhan selama kira-kira 3 hari. Namun setelah proses tersebut berjalan bayi akan lebih sering meminta ASI bahkan setiap 1 jam.
  • Bayi dapat mencapai pertumbuhan optimal apabila diberi ASI eksklusif sampai usia 4-6 bulan, dan setelah itu tetap diberikan sampai usia 2 tahun dengan diberi tambahan makanan pendamping ASI.

Demikian informasi mengenai berapa lama memberikan ASI yang terbaik. Semoga informasi di atas menambah wawasan bagi bunda.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk