Begini Cara Melancarkan ASI Secara Alami

Seringnya ASI yang tidak lancar menjadikan masalah bagi setiap ibu yang sedang menyusui. Hal ini wajar karena tubuh wanita berbeda-beda ada yang memiliki ASI yang keluar banyak, ada juga ASI yang keluar sedikit. Produksi ASI sudah mulai dibuat saat ibu hamil, hormon di dalam ibu akan memberitahu payudara untuk mulai memproduksi ASI.

Pada saat melahirkan sang ibu akan secara otomatis mengeluarkan ASI, namun dalam jumlah yang tidak menentu. Cara melancarkan ASI secara alami dapat dilakukan agar saat menyusui tidak menimbulkan masalah.

Seiring dengan berjalannya waktu, tubuh akan menyesuaikan diri dengan keluarnya ASI. Namun pada saat ASI kosong, maka disarankan untuk membuat lebih banyak ASI. Masih banyak ibu yang tidak tahu cara melancarkan ASI secara alami oleh karena itu banyak ibu yang menggunakan suplemen untuk mendapatkan ASI yang banyak. Padahal setiap wanita dapat memproduksi ASI secara alami untuk mencukupi kebutuhan bayi.

Cara melancarkan ASI secara alami dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya :

1. Sering menyusui

Cara melancarkan ASI secara alami yang pertama yaitu dengan sering menyusui. Cara ini menjadi cara utama untuk dapat melancarkan ASI secara alami, karena produksi ASI akan lancar jika payudara sebagai gudang ASI dirangsang terus menerus. Semakin sering menyalurkan ASI menggunakan isapan bayi, maka produksi ASI akan meningkat secara alami.

2. Membersihkan puting dan melakukan pijatan

Cara lain untuk melancarkan ASI secara alami yaitu dengan melakukan pijatan. Pada saat memasuki trimester ke 3, mulailah membersihkan puting susu agar keluarnya jalan ASI lancar. Bersihkan puting menggunakan baby oil sebelum mandi, lakukan sambil membersihkan bagian-bagian puting yang berlipat pada ujungnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini beberapa hari secara rutin.

3. Memompa ASI

Setelah menyusui, lebih baik lakukan cara memompa ASI. Hal ini merupakan cara yang dapat membantu memperbanyak keluarnya ASI. Mungkin bagi ibu baru, menyusui masih sulit untuk dilakukan karena belum terampil. Bahkan salah posisi dalam menyusui juga dapat menjadi penyebab proses menyusui tidak efektif, hingga ASI tidak keluar dengan lancar. Menggunakan pompa setelah menyusui akan membantu rangsangan dan simulasi pada payudara.

4. Skin to skin contact

Bayi yang disusui dengan cara telanjang ini akan mendapatkan kontak langsung ke kulit dada. Cara melancarkan ASI secara alami ini dapat membantu produksi ASI semakin banyak. Kedekatan antara bayi dan sang ibu akan memerintahkan otak untuk memproduksi ASI lebih banyak.

5. Kompres payudara

Jika payudara terasa mengeras segera kompres payudara dengan menggunakan handuk hangat, cara ini akan membantu melancarkan ASI secara alami. Jika payudara keras, maka bayi tidak dapat menghisap dengan lancar. Dengan kompresan menggunakan air hangat maka, payudara akan dapat melunak hingga bayi akan menghisap ASI lebih banyak.

Cara melancarkan ASI secara alami di atas dapat dicontoh bagi ibu yang ASI nya keluar sedikit.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk