Beberapa Jenis ASI Eksklusif Dan Manfaatnya

ASI ekslusif merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Kandungan yang ada pada ASI dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang bayi apalagi antibodi alami yang membantu menjaga daya tahan tubuh sang bayi. ASI dapat mencegah infeksi dan gangguan kesehatan yang dapat menyerang bayi. Oleh karena itu ASI eksklusif sangat penting untuk bayi.

ASI eksklusif dikenal sebagai nutrisi lengkap yang memberikan dukungan untuk pertumbuhan, perkembangan, imunitas, dan kesehatan bayi. Sehingga ASI sangat penting diberikan kepada bayi sejak lahir hingga usia 2 tahun. Namun untuk pemberian ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan tanpa memberikan makanan tambahan.

Pengertian ASI eksklusif yaitu pemberian ASI (air susu ibu) selama 0 hingga 6 bulan tanpa memberikan makanan lainnya. Dengan demikian bayi tidak diberikan makanan cadangan seperti susu formula, air teh, air putih, madu, bahkan makanan padat sebelum usia umur 6 bulan. Dalam pemberian ASI eksklusif dapat diberikan selama 4 bulan saja namun akan lebih baik jika diberikan selama 6 bulan.

ASI memiliki jenis dan manfaat yang berbeda untuk mendukung pemberian ASI Eksklusif, dan berikut ini beberapa jenis ASI dan manfaatnya untuk bayi :

  1. Kolostrum

Kolostrum merupakan cairan berwarna kekuningan umum keluar pada hari 1 hingga 3 setelah kelahiran. Kandungan protein pada jenis ASI ini memiliki manfaat yang berperan sebagai antibodi di dalam tubuh bayi guna membunuh kuman. Kolostrum sering dikatakan sebagai imunisasi pada bayi yang baru saja lahir, karena memiliki manfaat antibodi yang sangat baik untuk kesehatan bayi.

2. Susu Transisi

Jenis susu ini diproduksi setelah kolostrum yaitu dari 4 hingga 10 hari setelah kelahiran. Susu ini mempunyai kandungan immunoglobin protein serta laktosa yang berkosentrasi lebih rendah dibandingkan kolostrum, akan tetapi memiliki kandungan lemak dan jumlah kalori yang tinggi. Warna susu transisi lebih putih dari kolostrum

3. Susu Matur

Jenis ASI yang terakhir yaitu susu matur yang keluar setelah 10 hari kelahiran bayi. Susu matur memiliki tekstur warna yang lebih putih kental sehingga komposisi dari ASI yang keluar mengandung lemak dan karbohidrat.

Manfaat ASI eksklusif pada bayi diantaranya yaitu :

  • ASI eksklusif yang diberikan pada bayi memiliki manfaat karena mudah dicerna pada bayi yang sistem pencernaannya belum sempurna. Biasanya bayi antara usia 0 sampai 6 bulan belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Oleh karena itu ASI sangat eksklusif sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang bayi.
  • ASI eksklusif dapat menyempurnakan tumbuh kembang bayi sehingga dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas.
  • ASI eksklusif menjadi antibody alami pada tubuh bayi sehingga mencegah penyakit infeksi.
  • ASI merupakan makanan dan minuman untuk bayi untuk tanpa diberi makanan dan minuman cadangan.

Demikian informasi tentang pengertian ASI eksklusi yang dapat memberikan tambahan wawasan bagi ibu.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk