Beberapa Hal Yang Menjadi Penyabab Air ASI Ibu Tidak Keluar

Saat usia kehamilan pada masa trimester kedua dan ketiga, ASI mulai diproduksi dalam kelenjar payudara. Hormon yang berperan dalam merangsang produksi ASI adalah hormon prolaktinan hormon oksitosin, hormon ini akan mulai berperan aktif setelah poses kelahiran.

Pada umumnya ASI akan keluar setelah beberapa saat pasca kelahiran bayi, namun beberapa wanita mengalami masalah dengan ASI yang tidak keluar dengan cepat, hal ini tentunya akan membuat khawatir bagi ibu, karena bayi tidak akan mempuyai suplay nutrisi dari ASI, padahal bayi yang baru lahir hanya bisa mengkonsumsi ASI saja.

Dengan begitu akan menyebabkan ibu menjadi stres dan akhirnya menggunakan susu formula untuk menunjang makanan bayi. Padahal pemberian susu formula tidaklah baik bagi bayi yang baru lahir, karena pada usia 0 sampai 6 bulan bayi hanya harus diberi ASI ekskulsif. Pemberian ASI ekskulsif ini bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi, karena pada masa ini pencernaan bayi masih belum berfungsi secara optimal.

Sebenarnya, air ASI ibu tidak keluar dapat disebabkan oleh beberapa hal, entah karena faktor makanan, faktor kesehatan ataupun faktor lingkungan. Menurut Dr. Anita berikut ini beberapa hal yang menyebabkan air ASI ibu tidak keluar:

  1. Kondisi ibu

Air ASI ibu tidak keluar karena disebabkan kondisi ibu yang tidak stabil, hal ini kemungkinan disebabkan karena ibu mengalami kelelahan atau stres secara psikologis. Karena hal inilah yang mengharuskan seorang ibu menyusui tidak boleh bekerja terlalu lelah, dikhawatirkan dapat mengganggu produksi ASI. Penyakit yang pernah dialami ibu juga bisa menjadi penyebab air ASI ibu tidak keluar, penyakit seperti anemia dan gangguan tiroid dapat mempengaruhi jumlah produksi ASI.

  1. Pola hidup yang tidak sehat

Merokok, mengkonsumsi alkohol merupakan pola hidup yang tidak sehat yang bisa menyebabkan air ASI ibu tidak keluar. Karena kandungan bahan kimia dalam rokok dan alkohol dapat mengganggu kinerja hormon oksitosin dalam menstimulus proses keluarnya ASI.

Perlu diketahui pula, ternyata mengkonsumsi kopi juga dapat menyebabkan air ASI ibu tidak keluar, karena kafein dalam kopi dapat membuat ibu menjadi dehidrasi, sehingga produksi air ASI akan berkurang. Penggunaan obat-obatan seperti pil KB, obat diet saat menyusui atau obat lainnya juga dapat menyebabkan air ASI ibu tidak keluar.

Apabila air ASI ibu tidak keluar maka hal yang harus anda lakukan pertama adalah bersikap tenang, karena jika anda merasa stres tentunya produksi ASI tidak akan lancar. Hal yang dilakukan lainnya adalah menstimulus puting dengan cara menyentuh payudara secara pelan, atau dengan cara mengompres payudara agar otot-otot kelenjar susu dapat berelaksasi dan mengeluarkan ASI.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran hijau, daun wuluh, daun katuk dan daun brokoli juga dapat membantu menangani masalah air ASI ibu tidak keluar. Yang tak kalah lebih sederhana adalah dengan sering minum air putih hangat, karena air hangat dapat merangsang hormon prolaktin memproduksi ASI dengan lancar.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk