Bagaimana Jika ASI Tidak Di Berikan? Berikut Ini Beberapa Akibatnya

Bagaimana jika ASI tidak diberikan? Apa yang akan terjadi jika ASI tidak diberikan pada bayi yang baru saja lahir. Pertumbuhan bayi sangat berpengaruh pada asupan nutrisi yang masuk di dalam tubuh sang bayi. Pada dasarnya bayi yang baru saja lahir tidak dapat langsung makan dan minum, namun hanya dapat mengkonsumsi ASI.

Jika ASI tidak diberikan sebenarnya dapat diberi susu formula. Ketika bayi tidak memperoleh ASI maka pertumbuhan sang bayi masih dapat berkembang secara optimal. Namun kembali lagi pada kecocokan dalam pemberian susu formula.

Banyak para orang tua menanyakan bagaimana jika ASI tidak diberikan kepada bayi yang baru saja lahir. Padalah manfaat ASI bagi sang bayi adalah untuk dapat menjaga kesehatan dan menunjang perkembangan serta pertumbuhan sang bayi. Selain itu ibu yang menyusui juga memiliki manfaat lain dari proses menyusui. Namun terkadang ibu sekarang lebih sering memberikan bayinya susu formula daripada ASI.

Berikut ini akibat apa saja jika ASI tidak diberikan kepada sang bayi :

  1. ASI merupakan satu-satunya susu yang ideal diberikan dan dibutuhkan untuk bayi. Nutrisi pada ASI sangat baik jika dibandingkan dengan susu formula. Dengan demikian jika ASI tidak diberikan kepada bayi maka tentunya nutrisi yang didapatkan sang bayi tidaklah sempurna.
  2. Kandungan antibodi pada ASI tidak dapat ditemukan di susu formula manapun. Ini menyebabkan ASI sangat baik dan wajib diberikan kepada sang bayi. Padahal kandungan antibodi pada ASI dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit diantaranya yaitu, infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga, alergi, diare, dan penyakit berbahaya lainnya. Bayangkan saja jika bayi tidak mendapatkan ASI, akan memiliki resiko tinggi sang bayi terkena penyakit.
  3. Jika ASI tidak diberikan maka orang tua harus menyiapkan uang yang banyak sebagai pengganti ASI yaitu susu formula yang terbilang mahal. Dengan mengonsumsi ASI tentunya orang tua akan lebih hemat, karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli susu pengganti ASI.
  4. Terkadang penggunaan susu pengganti ASI berpengaruh pada tumbuh bayi contohnya terjadi alergi. Terkadang tubuh bayi tidak dapat menerima susu sapi yang sering dikenal sebagai susu formula pengganti ASI. Hal ini sangat membuat repot keadaan. Pada dasarnya susu ibu atau ASI memang sudah diperuntukkan untuk sang bayi, sedangkan produk susu formula dapat menyebabkan alergi karena kandungan susu yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh sang bayi.
  5. Sebaiknya perhatikan dalam pemberian susu pengganti ASI. Berilah susu yang tepat, maksudnya tepat disini adalah dengan ketepatan takaran tidak terlalu encer juga tidak terlalu kental. Selain itu berilah susu sesuai dengan kebutuhan tubuh bayi jadi tidak membuat bayi terlalu kurus atau terlalu gemuk, sesuai dengan gizi yang dibutuhkan. Dan yang sangat perlu diperhatikan adalah botol susu yang higienis, jangan sampai botol menjadi sarang bakteri atau kuman.

Demikian jawaban dari pertanyaan orang tua yang bertanya bagaimana jika ASI tidak diberikan? Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan bagi pasangan yang baru saja diberikan momongan.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk