Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas ASI? Yuk Simak Caranya

Bayi yang baru saja lahir sangat membutuhkan ASI, karena ASI merupakan pengganti asupan makanan dan minuman. Bayi yang baru saja lahir sistem pencernaannya belum sempurna, sehingga ASI sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi. Selain ASI yang banyak dibutuhkan juga kualitas ASI yang sangat baik. Tentunya setiap ibu ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Bagaimana cara meningkatkan kualitas ASI itu sendiri?

Kualitas ASI dapat diperoleh secara alami dengan pola hidup yang sehat bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Adapun kandungan ASI sangat dibutuhkan karena dapat menjaga daya tahan tubuh sang anak dan juga menjaga kesehatan anak agar terhindar dari penyakit infeksi. Kualitas ASI itu sendiri dapat dilihat dari banyaknya ASI yang keluar. Selain itu kualitas ASI juga dapat dilihat dari pertumbuhan sang bayi, seperti berat badab bayi yang meningkat.

Cara meningkatkan kualitas ASI diantaranya :

  1. Makan seimbang

Mengkonsumsi makan seimbang adalah salah satu cara meningkatkan kualitas ASI yang membutuhkan perhatian ekstra. Mengkonsumi makanan secara seimbang akan sangat membantu bagi kualitas ASI yang dikeluarkan. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, lemak, serta protein yang berimbang. Untuk mendapatkan kualitas ASI yang baik maka nutrisi dan gizi pada makanan yang dikonsumsi harus baik pula. Ibu menyusui sangat membutuhkan makanan 2 kali lipat dari biasanya. Makanlah sayuran yang dapat membantu dalam memproduksi ASI.

2. Usahakan untuk tetap berolahraga

Walau baru saja melahirkan dan sedang menyusui jangan berhenti untuk berolahraga. Olahraga dapat membuat suasana hati seseorang menjadi senang, sehingga hal ini dapat membantu kualitas ASI yang dihasilkan akan lebih baik. Hal ini dikarenakan pada saat olahraga akan meningkatkan hormon yang memproduksi ASI sehingga tentunya ASI akan terproduksi lebih banyak.

3. Mengkonsumsi kalsium dan zat besi

Sumber kalsium pada ASI merupakan kualitas yang sangat baik untuk kesehatan tulang sang bayi. Oleh karena itu cara meningkatkan kualitas ASI dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kalsium dan zat besi yang ada pada buah-buahan, sayuran, dan susu. Selain itu jika perlu konsumsi juga suplemen yang memiliki kandungan kalsium.

4. Istirahat yang cukup

Cara meningkatkan kualitas ASI selanjutnya yaitu dengan beristirahat yang cukup. Istirahat yang cukup sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui, karena dengan beristirahat maka akan mengurangi stres yang biasanya terjadi. Istirahat yang cukup akan membantu memproduksi ASI dengan kualitas yang baik.

5. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan vitamin, hal ini akan membatu ASI yang diproduksi sang ibu memiliki kualitas yang tinggi. Cara meningkatkan kualitas ASI dengan cara ini cukup mudah. Konsumsilah sayuran dan buah setiap hari lebih sering dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Demikian cara meningkatkan kualitas ASI, semoga cara-cara di atas dapat membantu para ibu memperoleh ASI yang berkualitas. Selain itu juga sang buah hati tumbuh dengan sehat.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk