ASI Susah Keluar? Terapkanlah Tips Melancarkan ASI Secara Alami Berikut Ini

ASI atau yang dikenal dengan air susu ibu adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi bayi sejak ia terlahir di dunia. Kandungan yang bermanfaat di dalam ASI memang tidak ada duanya dan tidak dapat dibandingkan dengan susu formula.

Setiap ibu pastinya ingin memberikan semua yang terbaik untuk anaknya, termasuk juga dalam pemberian ASI. Namun, ternyata tidak semua wanita dapat menyusui anaknya dengan lancar, terkadang ada seorang ibu yang tidak bisa mengeluarkan ASI atau ASI-nya tidak lancar.

Nah, bagi Anda yang ASI-nya tidak lancar, ada baiknya untuk menyimak informasi mengenai tips melancarkan ASI secara alami berikut ini.

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Pada ibu menyusui, nutrisi seperti sayur-sayuran sangatlah dibutuhkan untuk melancarkan ASI. Masaklah sayuran dengan cara dibuat bening. Sayuran yang paling dianjurkan adalah daun katuk karena di dalamnya terdapat kandungan yang dapat melancarkan ASI. Jadi, sudah tidak heran, jika sayuran ini sering dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang dalam masa menyusui.

  1. Tingkatkan frekuensi dalam menyusui, memeras, ataupun memompa

Seorang ibu menyusui yang jarang mengeluarkan ASI, maka akan meminimalisir produksi ASI-nya. Untuk itu, Anda harus sering-sering memberikan ASI eksklusif kepada sang bayi.

Namun, jika Anda termasuk wanita karir dan tidak sempat memberikan ASI secara eksklusif, sebaiknya belilah alat khusus untuk memompa payudara agar ASI-nya bisa keluar dan Anda bisa menyediakan stok ASI untuk buah hati di rumah. Simpanlah dengan baik ASI tersebut agar kualitasnya tetap terjaga.

Tak sulit kan melakukan tips melancarkan ASI secara alami ini? Lakukanlah cara tersebut sampai si bayi menginjak usia 6 bulan sampai 2 tahun.

  1. Hindari stres

Tips melancarkan ASI secara alami yang selanjutnya yaitu sang ibu menyusui tidak boleh mengalami stres, karena hal ini akan berdampak pada produksi ASI yang berkurang. Ya, ASI tidak dapat keluar jika sang ibu merasa tidak tenang, sedih, ataupun tidak dalam keadaan yang nyaman.

Hal ini tentu akan membuat buah hati Anda menjadi rewel karena produksi ASI-nya semakin lama semakin sedikit. Jadi, usahakan Anda jangan sampai stres ya.

  1. Merawat payudara

Produksi ASI memang tergantung dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam tubuh. Namun, ternyata ada beberapa wanita yang tidak mau menyusui anaknya karena takut payudara akan menjadi tidak kencang dan lembek.

Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk merawat payudara agar tetap kencang dan indah. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan memijat-mijat payudara dan juga rajin dalam membersihkan payudara. Bersihkanlah payudara dengan menggunakan air hangat dan air dingin secara bergantian.

Untuk dapat melancarkan ASI Anda, jangan lupa untuk menerapkan tips melancarkan ASI secara alami di rumah. Anda pun tak perlu mengonsumsi obat-obatan agar ASI bisa keluar dengan lancar.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk