Apakah Bisa ASI Menambah Kedekatan Emosional Ibu Dan Anak? Yuk Simak

Anda sudah tahu bukan apa manfaat dari ASI? Ya, ASI mengandung banyak nutrisi untuk memenuhi kesehatan bayi dan juga untuk kesehatan ibu. Selain itu, ASI menambah kedekatan emosional ibu dan anak. Hal ini dibuktikan ketika bayi berada dalam dekapan ibu, apalagi saat disusui, mereka tampak merasa aman dan nyaman, bukan?

Nah, kini sudah digalakkan Inisiasi Menyusu Dini atau IMD, yaitu bayi memulai hidupnya di atas perut sang ibu. Jadi begitu bayi lahir, usahakan segera tempatkan ia di atas perut sang ibu dan berilah dekapan kasih sayang dari seorang ibu. Hal ini disebut kontak kulit atau skin to skin contact

Skin to skin contact ini memberi kesempatan bayi untuk mendengar suara dan detak jantung ibu. Di samping itu, skin to skin contact dan menyusui membuat suhu tubuh bayi normal dan stabil, serta membuat bayi merasa yakin bahwa dirinya aman dan dicintai. Dari sinilah dapat dikatakan bahwa ASI menambah kedekatan emosional ibu dan anak.

Sudah tertulis di atas bahwa selain mengandung nutrisi yang lengkap, ASI merupakan makanan yang bisa membangkitkan cinta ibu pada anaknya. Menyusui bayi akan merangsang produksi hormon bonding (ikatan batin), yaitu oksitosin yang mengalir deras di dalam tubuh ibu dan menjadi gelombang kebahagiaan saat bayi menyusu.

ASI menambah kedekatan emosional ibu dan anak, hal itu dapat dibuktikan dengan seorang ibu yang lebih mementingkan karir lantas hanya memberi bayinya susu formula, maka sang anak pun tidak begitu dekat dengan ibunya. Apalagi di jaman sekarang ini, kebanyakan anak lebih dekat kepada baby sitter atau orang yang merawatnya setiap hari dibanding ibu yang sibuk dengan pekerjaannya.

Meski di atas sudah dikatakan bahwa ASI menambah kedekatan emosional ibu dan anak, tetapi seorang ibu jangan nikmati kebahagiaan itu sendiri! Seorang suami juga berhak dalam membangun kedekatan emosional dengan anaknya, meski dia tidak bisa menyusui. Libatkanlah ayah dari bayi dalam proses menyusui, dengan cara mendekap bayi sebelum dan sesudah menyusu, agar ayah dapat merasakan kedekatan yang sama terhadap bayinya.

Terjalinnya ikatan batin orang tua dengan anaknya diawali melalui sentuhan dan tatapan mata. Namun kemampuan penglihatan bayi masih sangat terbatas, jarak pandangnya tidak lebih dari 25 cm. Maka, tataplah mata si kecil pada saat menyusuinya. Biarkan jari-jari mungilnya meraih serta menyentuh wajah sebagai upaya untuk lebih mengenal orangtuanya.

Selain dari indera penglihatan, bayi juga dapat mengenali kedua orang tuanya melalui indera penciuman terutama saat melakukan kegiatan menyusui, karena ASI menambah kedekatan emosional ibu dan anak. Bau yang dikenali atau sering dicium oleh bayi akan membuatnya tenang dan tidak rewel. Di samping itu, memberikan rangsangan bayi untuk minum air susu ibu (ASI) dengan lancar.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk