Anda Sibuk? Beginilah Cara Memberikan ASI Untuk Wanita Karir/Sibuk

Menjalani hidup sebagai wanita karir atau sibuk merupakan sebuah pilihan. Selain itu bekerja dan memberikan ASI eksklusif tidaklah mudah. Apalagi jika pekerjaan itu dituntut untuk segera selesai tepat waktu. Kesibukan yang dimiliki ini harus dapat dibagi dengan adil. Cara memberikan ASI untuk wanita karir atau sibuk sangatlah penting, oleh karena itu mari kita bahas satu persatu.

Sebelum membahas tentang cara memberikan ASI untuk wanita karir atau sibuk, lebih baik kita bahas dulu manfaat ASI untuk sang bayi. ASI memiliki manfaat yang sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. ASI atau air susu ibu sangat baik diberikan pada bayi yang baru saja lahir hingga usianya 6 bulan dan terus baik diberikan selama 2 tahun.

Cara memberikan ASI untuk wanita karir atau sibuk :

  1. Bangun lebih pagi

Cara memberikan ASI untuk wanita karir atau sibuk yang pertama yaitu bangun lebih pagi. Seorang ibu yang memiliki pekerjaan atau karir dan harus tetap memberikan ASI eksklusif pada bayi harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan semua kebutuhan keluarga. Dengan demikian pekerjaan rumah akan terselesaikan dan sebelum berangkat kerja anak sudah mendapatkan cukup ASI

2. Belajar memerah ASI

Pompa ASI secara manual atau elektrik juga harus bisa dipelajari oleh wanita karir dan sibuk yang sedang menjalankan program ASI eksklusif. Berikut ini langkah-langkah untuk memerah ASI yang benar.

  • Cucilah tangan hingga bersih sebelum memerah ASI
  • Taruhlah botol untuk menampung ASI dibawah payudara, lalu letakan jari pada bagian payudara, pijat payudara dengan gerakan ke arah puting hingga ASI keluar.
  • Jika akan mengeluarkan ASI dari kedua payudara, lakukan secara bergantian setiap 3 menit sampai kedua payudara terasa kosong

3. Cara menyimpan ASI

Setelah belajar memerah ASI, cara memberikan ASI untuk wanita karir atau sibuk selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu dalam cara menyimpan ASI. Penyimpanan ASI yang tidak benar akan mengurangi kualitas ASI tersebut. Simpanlah ASI pada tempat yang aman dengan diberi label tanggal pemerahan. Hal ini dimaksudkan agar saat memberikan ASI tidak kadaluarsa atau ASI nya sudah basi.

4. Memiliki asisten part time

Mengatasi pekerjaan rumah sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga sangat merepotkan. Apalagi jika sang ibu harus bekerja diluar rumah dan harus menyusui anaknya. Asisten part time akan membantu memberikan ASI yang disimpan kepada sang bayi saat sang bayi membutuhkan ASI tersebut. Tentunya dengan asisten parttime sangat membantu jalannya pekerjaan rumah dengan baik.

5. Membuat jadwal rutin

Cara memberikan ASI untuk wanita karir atau sibuk selanjutnya dengan membuat jadwal rutin. Pada saat waktu menyusui dan harus menyelesaikan pekerjaan namun tidak dapat memberikan secara langsung. Dapat juga dengan menggunakan jasa kurir untuk mengirim ASI. Hal ini dapat membuat ibu yang sedang menyusui akan merasa tertolong dan kerjaan sebagai wanita karir pun berjalan dengan baik.

Demikian cara memberikan ASI untuk wanita karir atau sibuk, bagaimanapun sibuknya seorang wanita jika masalah menyusui memang harus diusahakan. Hal ini demi tumbuh kembang sang buah hati.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk