Air Susu Ibu/ASI Adalah Minuman Sekaligus Makanan Yang Kaya Manfaat. Yuk Simak Info Lengkapnya

Air susu ibu/ASI adalah satu-satunya makanan yang dibutuhkan bayi sebelum menginjak usia 6 bulan, karena pada usia dibawah 6 bulan bayi belum dapat mencerna makanan padat. ASI ini hanya bisa diproduksi oleh seorang ibu yang baru saja melahirkan. Namun, banyak juga para ibu yang memiliki kendala terhadap ASInya, seperti tidak lancar, kering, atau tidak keluar sama sekali.

Apabila seorang ibu tidak dapat menyusui anaknya, maka harus digantikan oleh air susu dari orang lain atau digantikan dengan susu formula khusus. Perlu Anda catat, susu sapi tidak cocok untuk bayi sebelum berusia 1 tahun, jadi jangan pernah memberi bayi susu sapi sebelum genap 1 tahun ya.

ASI mengandung kolostrum yang kaya akan protein dan rendah lemak, hal inilah yang menjadikan ASI sangat berguna untuk kesehatan dan tumbuh kembang sang bayi.  selain itu, kandungan air susu ibu/ASI adalah immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit. Tak heran bila bayi yang mengkonsumsi ASI lebih sehat dibanding bayi yang hanya mengkonsumsi susu formula.

Disini dikatakan bahwa air susu ibu/ASI adalah minuman sekaligus makanan, ini berlaku untuk bayi baru lahir. Karena bayi dengan sia 0-6 bulan belum di perbolehkan mengkonsumsi makanan padat. Satu-satunya yang dapat ia cerna adalah air susu ibu.

Seorang ibu menyusui, asupan makan sangat mempengaruhi terhadap produksi ASInya. Apa yang Anda makan saat masa menyusui, maka itulah yang dirasakan oleh buah hati Anda. Sebagai contoh ketika Anda makan makanan pedas, maka sang buah hati saat menyusu juga akan merasakan air susu yang pedas.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan asupan makan, jangan makan sembarangan, demi kesehatan buah hati dan Anda sendiri.

Kenapa ASI dikatakan sebagai minuman dan makanan yang kaya manfaat? Karena banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, dan nutrisi yang terkandung dalam ASI jauh lebih tinggi dibandingkan nutrisi yang terkandung dalam susu buatan.

Nah, inilah beberapa manfaat dari pemberian ASI eksklusif:

  1. ASI meningkatkan kecerdasan otak bayi
  2. Berat badan ibu dan bayi ideal
  3. Hubungan ibu dan bayi lebih dekat
  4. Tulang bayi lebih kuat
  5. Stress berkurang, dan masih banyak lagi manfaat yang di dapatkan ibu dan bayinya.

Meski air susu ibu dikatakan sebagai makanan bayi, namun setelah bayi berusia 6 bulan, bayi harus didampingi makanan padat. Nah, dengan mengkonsumsi ASI secara eksklusif 6 bulan, sistem pencernaan pada bayi akan lebih siap terima makanan pendamping. Ketika ibu menyusui bayinya, banyak hormone dan mikroba sehat yang tertransfer ke bayi. nah, pertukaran mikroba dan bakteri sehat tersebut akan memudahkan transisi system pencernaan bayi dari susu ke makanan padat.

Karena air susu ibu/ASI adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan bayi, maka jangan pernah Anda remehkan ASI tersebut. Pentingkanlah kesehatan anak di atas segalanya, termasuk pekerjaan.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk