11 Manfaat ASI Eksklusif Ternyata Tidak Hanya Dirasakan Oleh Si Bayi

ASI eksklusif adalah ASI (air susu ibu) yang diberikan pada bayi baru lahir hingga berusia mencapai 6 bulan tanpa ada makanan pendamping dan minuman tambahan lainnya. Kebanyakan ibu jaman sekarang meremehkan dalam hal pemberian air susu ibu, padahal manfaat ASI sangatlah banyak.

Tidak ada asupan yang lebih baik untuk bayi baru lahir selain ASI. Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh sang ibu ini memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi seperti vitamin, protein dan lemak. ASI juga lebih mudah dicerna ketimbang susu formula.

Ternyata tidak hanya bermanfaat untuk si bayi, tapi manfaat ASI juga dirasakan oleh sang ibu. Berikut 12 manfaat yang ibu dan bayi dapatkan dari penerapan ASI eksklusif :

  1. Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat

ASI mengandung zat antibodi yang dapat membantunya melawan bakteri dan virus. Jadi, bayi yang mengkonsumsi ASI secara eksklusif lebih jarang  terserang penyakit seperti diare, infeksi telinga dan infeksi saluran pernapasan bila dibandingkan dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula.

  1. IQ tinggi dimiliki bayi

Asam lemak yang terdapat pada ASI memiliki peran penting bagi kecerdasan otak bayi. Selain itu, hubungan emosional antara ibu dan bayi yang terjadi selama proses menyusui turut memberi kontribusi.

  1. Berat badan ideal

Bayi lebih mungkin tumbuh dengan bobot normal jika diberi ASI eksklusif. Mengapa demikian? Karena ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi.

  1. Tulang bayi lebih kuat

Bayi yang mengkonsumsi susu eksklusif memiliki tulang leher dan tulang belakang lebih kuat dibanding bayi yang mengkonsumsi susu formula.

  1. Mencukupi kebutuhan kolesterol

Kolesterol sangat penting dan dibutuhkan bayi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya, dan kolesterol ini banyak ditemukan di dalam ASI.

  1. Hubungan ibu dan anak lebih kuat

Saat menyusui, secara otomatis ibu akan langsung bersentuhan dengan kulit bayi dan saling bertatapan. Hal ini tentunya akan memperkuat hubungan antara ibu dengan anak.

  1. Tubuh seorang ibu lebih cepat langsing

Kenapa bisa demikian? Ya, karena dengan menyusui kalori Anda akan terbakar kurang lebih 500 kalori per hari.

  1. KB alami

Untuk mendapatkan manfaat ASI yang satu ini, Anda diharuskan untuk selalu siap menyusui kapanpun ketika bayi Anda membutuhkan.

  1. Mengurangi stess

Menyusui dapat merangsang produksi hormon oksitoksin yang bisa membuat Anda terasa rileks.

  1. Mengurangi perdarahan

Manfaat ASI untuk ibu adalah dapat membantu mengurangi perdarahan pada rahim usai melahirkan atau persalinan, hal ini terjadi karena adanya hormon oksitoksin yang keluar saat menyusui.

  1. Mengurangi risiko terkena penyakit kanker payudara dan ovarium

Menurut sejumlah penelitian, semakin lama Anda menyusui, maka semakin Anda terlindungi dari penyakit ini. Hal ini terjadi karena menyusui bisa menekan produksi hormon estrogen.

Tak perlu ragu lagi untuk menerapkan ASI eksklusif karena banyaknya manfaat ASI yang dirasakan baik untuk ibu maupun bayinya.

You May Also Like

About the Author: kiyomaru

Hi Bunda? Mau Pesan Madu ASI UMI nya?
Atau Mau tanya tanya dulu silahkan Klik Tombol Dibawah

Bunda Order Via WhatsApp Yuk